Tentang Rumah Belajar Samoja

02Jan09

samoja-head.png

Pada tahun 2003-2004, Yayasan Bandung Peduli bekerjasama dengan kalyANamandira terlibat dalam program World Food Programs (WFP) dan Solid Waste Management Project (SWMP) di Kelurahan Samoja Bandung. Program ini diantaranya pemenuhan kebutuhan gizi balita dan pengolahan sampah yang dihasilkan sehingga menjadi bermanfaat.

Pada tahun 2005, muncul ide dari salah satu masyarakat Samoja untuk mengadakan kegiatan belajar mengajar untuk anak-anak disana. Atas inisiatif dari Yayasan kalyANamandira dan masyarakat Samoja, maka dibentuklah “Rumah Belajar Samoja”.

Seluruh pengajar di rumah belajar ini adalah sukarelawan. Sebagian besar adalah mahasiswa, dan sebagian lagi adalah ‘alumni’ siswa dampingan kalyANmandira, pada saat masih melakukan dampingan di beberapa sekolah menengah atas di Kota Bandung. Blog ini didedikasikan untuk merekam pengalaman dari lapangan, agar pengalaman ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Selengkapnya mengenai program rumah belajar ini, silakan klik di sini. Selamat membaca!

____________________________________________________________________

This blog post is part of Zemanta’s “Blogging For a Cause” campaign to raise awareness and funds for worthy causes that bloggers care about. Blogging For A Cause | Zemanta Ltd.
Posted using ShareThis
4 Responses to “Tentang Rumah Belajar Samoja”

  1. 1 aang sopian

    Saya membaca artikel di atas membuat muncul kembali memori pengalaman saya di bandung.
    Saya sekarang di bekasi tepatnya di daerah tambun, daerah yang penuh dengan para pekerja.
    Ada satu hal yang ingin saya ungkapkan, terima kasih kepada yayasan kalyANamandira yang telah membantu saya membimbing dalam mencari kedewasaan.
    Seperti halnya teman teman saya di KM mereka terus bergerak di bidang sosial pendidikan di sini juga saya berusaha untuk mengembangkan potensi saya yang sedikit untuk membantu anak anak jalanan dan yatim piatu bersama teman teman saya di tempat kerja.
    hasilnya lumayan juga saya sudah dapat membuat sanggar sederhana di dekat rumah yang tidak jauh dari kegiatan teman teman di bandung.
    terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya yang membuat pemikiran jadi menuju dewasa.

  2. Alhamdulillah. Senang sekali bisa membantu Ang. Kami ikut berbahagia…

  3. Lha kok gak ada artikel baru lagi nih? Kamarana yeuh…?


  1. 1 FunMath : Mengukur Keliling Lingkaran | fin's journal

Tinggalkan Balasan

